Beranda featured Eyang Santri, Tokoh Legendaris Keturunan Kerajaan Mataram

Eyang Santri, Tokoh Legendaris Keturunan Kerajaan Mataram

0
229


Daerah Jawa Barat memiliki banyak sekali sejarah yang selalu membuat penasaran untuk ditelusuri. Salah satunya ialah sejarah dari sosok Eyang Santri yang sudah banyak diketahui masyarakat. Mungkin orang-orang diluar Jawa Barat terutama Sukabumi, merasa asing saat mendengar nama Eyang Santri. Banyak orang yang penasaran dengan beliau hingga mencari tau langsung ke daerah dimana Eyang Santri dikenal. Eyang Santri bukan orang sembarangan bagi masyarakat Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat. Beliau merupakan seseorang yang dianggap legendaris oleh masyarakat sekitar.
Profil Eyang Santri

Eyang Santri lahir pada tahun 1770 wafat 1929 M. Beliau bernama asli KPH Djojokoesoemo bin KPH Praboewidjoyo bin KGPPA Mangkoenegoro. Sosok legendaris ini memilii hubungan dengan Kerajaan Mataram dari Mangkunegara atau keturunan Pangeran Samber Nyawa. Maka tidak heran ia begitu dihormati baik saat masih hidup maupun sampai sekarang. Semasa mudanya KPH Djojokoesoemo senang tentang cerita-cerita yang ada di pulau Jawa. Beliau akhirnya beliau berkeliling pulau Jawa sampai akhirnya mendapatkan sebuah wangsit saat bersemedi di danau Cengklik. Wangsit Tersebut ialah ‘Jawa akan masuk ke pinggir jurangnya, tapi kelak Jawa akan bersinar cerah secerah matahari pagi’.

Semasa mudanya, Eyang Santri memang senang dengan berbagai cerita yang ada di pulau Jawa. Beliau akhirnya berkeliling pulau Jawa untuk mengunjungi berbagai tempat penting hingga menimba ilmu di berbagai ulama. Saat masih hidup, beliau sangat disegani oleh orang-orang penting yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Beliau pernah ditemui oleh Wahidin Sudirohusodo yang saat itu sedang berkeliling Jawa untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan. Kemudian ada Dirk van Hinloopen Labberton yang merupakan ahli teosofi yang terkenal di Belanda. Ia rela datang menemui Eyang Santri untuk belajar filosofi kebatinan Jawa.

Lokasi Makam Eyang Santri

Makam Eyang Santri berada di desa Girijaya, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat. Bagi sebagian orang mungkin daerah ini cukup asing. Namun bagi mereka yang sedang belajar tentang sejarah, mungkin sudah taka asing lagi dengan daerah ini. Banyak orang yang berkunjung ke daerah ini, salah satunya untuk berziarah ke makam Eyang Santri. Jika ingin mengunjungi tempat ini, mungkin akan mendapatkan kendala macet saat berada di sukabumi, apalagi saat hari-hari besar seperti hari maulid nabi.

Suasana di Area Makam Eyang Santri

Saat akan mengunjungi makam Eyang Santri, pengunjung akan menemui suasana desa Cidahu yang begitu asri. Daerah yang jauh dari hiruk-pikuk kota ini memiliki hawa yang sejuk karena masih banyak pepohonan. Untuk sampai ke makam Eyang Santri, jalan menanjak harus di tempuh oleh pengunjung. Suasana asri begitu terasa di sekitar makam karena lokasinya yang berada di dataran tinggi lereng gunung Salak.

Alamat sesuai petunjuk google map

Girijaya, Cidahu, Sukabumi, West Java 43358.

https://www.google.com/maps/place/Makam+Eyang+Santri+Cidahu/@-6.7499111,106.7319608,15z/data=!4m5!3m4!1s0x0:0xaf094e21e4736303!8m2!3d-6.7499111!4d106.7319608

Tunggu update selanjutnya mengenai maqam eang santri Dari

  1. suasana
  2. peninggalan
  3. pondok gusti , setelah ziarah dari maqam eang santri terletak -+ 300 m dari lokasi maqam ke atas
  4. Para kuncen penghuni pondok gusti
  5. Dll

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: