Beranda ILMU HIKMAH Mari kita mengutip satu tembang Jawa

Mari kita mengutip satu tembang Jawa

57
50

Tak uwisi gunem iki saya akhiri pembicaraan ini
Niyatku mung aweh wikan saya hanya ingin memberi tahu
Kabatinan akeh lire kabatinan banyak macamnya
Lan gawat ka liwat-liwat dan artinya sangat gawat
Mulo dipun prayitno maka itu berhati-hatilah
Ojo keliru pamilihmu Jangan kamu salah pilih
Lamun mardi kebatinan kalau belajar kebatinan
 
Tembang ini menggambarkan nasihat seorang tua – (pinisepuh) kepada mereka yang ingin mempelajari kabatinan atau kejawen. Kiranya perlu dipahami bahwa tujuan hakiki dari kejawen adalah mendapatkan ilmu sejati untuk mencapai hidup sejati, dan berada dalam keadaan harmonis hubungan antara kawula dan Gusti ( jumbuhing kawula Gusti )/pendekatan kepada Yang Maha Kuasa secara total.
Keadaan spiritual ini bisa dicapai oleh setiap orang yang percaya kepada Tuhan, yang mempunyai moral yang baik dan jujur, beberapa laku harus dipraktekkan dengan kesadaran dan ketetapan hati yang mantap.Pencari dan penghayat ilmu sejati diwajibkan untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi semua orang melalui rasa hati dan tindakannya. Cipta, rasa, karsa dan karya harus baik, benar, suci dan ditujukan untuk mamayu hayuning bawono. Ati suci jumbuhing Kawulo Gusti – hati suci itu adalah hubungan yang serasi antara Kawulo dan Gusti, tidak perlu diragukan bahwasanya kejawen merupakan aset dari orang Jawa tradisional yang mengandung nilai-nilai universal. Pandangan kejawen bisa memberikan sumbangan kepada perdamaian dan kemakmuran dunia.
 
Lakukan dengan santai
 
Beberapa pembaca mendapatkan bahwa keterangan yang singkat padat mengenai kejawen, seperti yang sudah diutarakan diatas, yang terdiri dari : kawruh ilmu umum dan pengalaman-pengalaman beberapa piyayi sepuh sebagai hal yang sangat menarik. Beberapa orang menghargai tujuan dari ajaran spiritual ini, tetapi katanya sulit atau berat untuk dilaksanakan, seorang piyayi sepuh memberikan nasehat yang sederhana : lakukan dengan santai.
Kejawen itu kawruh ilmu yang fleksibel, pertama-tama kamu diminta untuk memahami, jangan paksakan diri, sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, kiranya tidak sulit bagimu untuk menjadi orang jujur. Sebagai tuntunan moral dan kehidupan, kamu diwajibkan untuk selalu bersyukur kepada Gusti, Tuhan yang maha kuasa yang telah memberimu kesempatan hidup didunia ini.
 
Sebagai orang yang bertanggung jawab, kamu mempunyai kewajiban :
 
1. Bekerja dengan patut untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri dan keluarga
2. Peliharalah baik-baik kesehatan ragamu, sehingga kamu juga akan mempunyai pikiran dan jiwa yang sehat. Merawat raga dengan baik itu sangat penting untuk semua aktivitas lahir dan batin.
3. Mempunyai budi luhur.
 
Dengan melakukan kewajiban-kwajiban diatas, akan lebih mudah bagimu untuk menyumbang kepada masyarakat, orang lain, negara dan dunia, Hubungan dengan Tuhan.
by, pencerahan hati jenar

57 KOMENTAR

  1. mbah deadman, kampus sebelah jadi nggak karuan itu. pintunya digembok, libur, bangkrut, atau pergi ke bali ya..? niru gayus tambunan gitu…gara-gara sekarang pake presiden, jalanan jadi banyak portal. sekarang malah verboeden dech..repot amat.

  2. ki wongalus tahu nggak ya, kampus-nya di gembok 7 lapis 7 ton. tahukah sedulur siapakah pelakunya dan apa motifnya? apakah menghindari dampak radiasi akibat meledaknya reaktor nuklir jepang? Jawaban dikirim via sms, ketik KWAjawaban kirim ke wong alus, hehehe….ki wong alus …SOS…SOS…mayday…mayday…apaan tuh..!

  3. Huahahaha.. Huahahaha..
    Ada apa om om semua pada pindah kampus ya? Emang kenapa dengan kampus sebelah? Itu presiden kwa orangnya mbalelo sok merasa kali ya, pada akhirnya di kuncilah pakai gembok
    Huahahaha.. Huahahaha..

  4. kayaknya kwa mau tutup nih,apa mau bersih2 dulu ya?
    atau yg pny blog udah males bin capek ngurusin kwa yg kian lama kian gk karuan dg komen yg parah2.org2 yg dianggap sesepuh jg udah gk ada lagi.

  5. kang mahesa@ mudah2an sih ga tutup cuman lagi jamasan dulu biar lebih kinclong n bisa lebih menyaring “energi2 negatif” yang ga bertanggung jawab memecah perseduluran yang selama ini terjalin mudah2an admin bisa lebih seleksi dan memiliki otoritar penuh untuk menyaring coment negatif biar langsung di delet…untuk para sesepuh KWA dan Kampus samudra ilmu hikmah mari kita bersama2 menjalin rasa persaudaraan yang kuat demi tercipta misi dan visi blog (kampus kita bersama)

  6. Huahahaha.. Huahahaha..
    Huahahaha.. Huahahaha..
    Semoga kWa benar benar tutup kalau masih di pegang wawan sleman, kembalikan kWa pada bengawan candhu, di jamin aman terkendali
    Huahahaha.. Huahahaha..
    Huahahaha.. Huahahaha..

  7. mas rudi mdn, nanti saya kirim paket pos obat cuci perut ya biar isi perutnya bersih. tapi ya gitu harus mules2 dulu, ndak papa tho yg penting akhire rak lego bin nyaman(wis metu kabeh isine weteng) hehe…ndak mas bercanda, saya ndak tega kalo sampeyan bener2 mules seharian. salam kenal mas.

  8. hehehe…hehehe…hehehe…..para maha siswa KWA pada klabakan, kaga bise masuk, pintu kamfusnye di las….hehehe….hehehe
    Ane nyang baru kuliah 2 bulan,…….kagok banget nih….

  9. sigro milir , kang gethek di songgo bajul…sepi bngt neh,mbah dead mannnnnn…..di mana ya,…ni ada tamu mbah,
    duh kmn ya….apa ke tempatnya ki kancill…

  10. absen
    _semoga kampus kampus yg mengajarkan ke_baikan tetep memberikan layanan yg baik,,,,
    tetep baik,,,smoga baik,,dan hasilnyapun baik
    ahh smoga baik baik saja
    piss

  11. blm ngopi je….wah ketiwasan ki…hmmmm,ki dead man stria bergitar,kulo nuwun mbah…..ijin ndeprok ngeh mbah…..sepi mampring,suwung ….gung lewang lewung

  12. Ikut nyimak dikampus ki deadman, kampus sebelah lg libur, udah semangat ngampus libur, pulang lg ee djalan ujan yg mampir dmari.

  13. trah kali alias ki gentar alam nggih..? uups salah nggih, mohon dimaafkan. Salam kenal dan salam hormat mas rudi mdn, mas rembol, mas cacing, mas bregud, mas antok jangkung, wong wis suwe, gusnur, anak ondel-ondel, mas bregud, akar dewa, dj, dan lain-lain yg tdk bisa disebut semua.

  14. trah kali alias ki gentar alam nggih..? uups salah nggih, mohon dimaafkan. Salam kenal dan salam hormat mas rudi mdn, mas rembol, mas cacing, mas bregud, mas antok jangkung, wong wis suwe, gusnur, anak ondel-ondel, mas bregud, akar dewa, dj, dan lain-lain yg tdk bisa disebut semua. sugeng ndalu.

  15. Salam mbah jati, ngeborong ya….salam bang deadman, kalau mau kirim sarring tulisan gimana boz….? wassalam

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: