Beranda ILMU HIKMAH Belajar dari Film Kartun

Belajar dari Film Kartun

0
47

Dalam anime, kita sering melihat karakter yang memiliki kekuatan atau tenaga dalam yang dapat dihasilkan oleh tubuh. Salah satu contohnya, di dalam anime dragon ball, Songoku mampu mengeluarkan jurus kamehame. Dalam Dragon Ball, energi semacam itu disebut energi Ki, dalam naruto kita mengenal chakra, kemudian dalam bleach disebut reiatsu, dan …lain-lain. Nah, di dalam Hunter X Hunter, energi semacam itu disebut Nen.
 
Tapi, secara definisi, nen merupakan serangkaian/sekumpulan teknik yang digunakan untuk mengendalikan aura (medan energi) yang terdapat dalam tubuh seseorang sehingga dapat digunakan/dimanfaatkan lebih lanjut.
 
Contohnya, mengendalikan aura sehingga dapat meningkatkan efisiensi/kekuatan pada tubuh seseorang.
 
Dalam hal ini, nen memiliki arti/filosofi yaitu untuk mengobarkan semangat atau memperkuat keinginan seseorang. Untuk melakukan ini, ada beberapa dasar yang harus dipelajari yaitu :
 

  1. Ten yang diartikan sebagai “Maksud/tujuan” – yaitu mengonsentrasikan jiwa dan pikiran pada satu hal, memilih tujuan/sasaran dimana kita akan menggunakan nen kita
  2. Zetsu yang diartikan sebagai “bahasa” – yaitu mengubah apa yang kita pikirkan ke dalam kata-kata
  3. Ren yang diartikan sebagai “finishing” – yaitu memperkuat/memperbesar keinginan kita
  4. Hatsu yang diartikan sebagai “proyeksi” – yaitu mengubah semua yang telah dilakukan menjadi suatu tindakan yang dapat mempengaruhi objek lain.

Ilustrasi :
 
Pertama kita melakukan Ten dengan berkonsentrasi pada 1 hal pada lawan, misal : “Mati”
 
Kemudian dengan zetsu, kita mengubahnya menjadi serangkaian kata : “Aku akan membunuhmu”. Katakata tersebut tidak harus diucapkan, yang penting kata-kata tersebut harus kita pikirkan terus secara jelas.
 
Setelah itu, gunakan Ren, yaitu memperbesar keinginan kita tersebut sehingga pikiran “aku akan membunuhmu” menjadi semakin kuat.
 
Terakir adalah Hatsu, yaitu memproyeksikan semua hal tadi lewat energi spiritual yang dikeluarkan dari tubuh kita ke orang lain sehingga mereka dapat merasakan maksud dan kesungguhan kita.
 
Dalam melakukan intidmidasi dengan nen, seseorang harus memiliki tujuan yang kuat.
Jika tujuan kita goyah, maka kita akan gagal. Untuk mengatasi serangan ini, kita harus melawannya dengan cara yang sama dan menunjukkan bahwa kita lebih unggul dibanding lawan kita. Contoh, kita bisa menggunakan kata : “Aku dapat melawanmu”.
 
Untuk mempelajari nen, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai. Teknik ini merupakan kemampuan yang pertama yang diajarkan dan harus dimiliki seseorang yang ingin mendalami nen. Bagi seorang pemula, konsentrasi yang sangat tinggi dibutuhkan untuk dapat mempelajari teknik dasar ini. Akan tetapi, bagi pengguna nen yang sudah mahir, teknik ini sudah dianggap menjadi kemampuan alami mereka sehingga dapat digunakan dengan sendirinya tanpa perlu konsentrasi dan usaha ekstra.
 
Contohnya, seorang pemula akan perlu konsentrasi tinggi dalam menggunakan teknik Ten karena mereka harus dapat mengendalika aliran auranya dengan baik. Namun bagi yang sudah mahir, dalam keadaan tidur pun, Ten mereka akan aktif.
by, NAQS DNA

TIDAK ADA KOMENTAR

  1. Sejak kecil hingga umurnya saya sekarang sekitar 20 tahun tetap hobi nonton kartun dan sangat membenci sinetron bahkan melihat cuplikannya saja saya sudah mau muak. KENAPA SUN GUKO LEBIH HEBAT DI BANDINGKAN SAIYA LAINYA Bahkan dpt mengeluarkn kekuatan yg tk tertuga pdhal dgn bezita lbh tua bezita: KARNA DIA HIDUP BUKAN UNTUK DIRINYA Namun untuk melindungi Orang lain sdngkn bezita untk mengasah ilmunya utk mngalahkan orang lain.

  2. wahh kartun mania.q juga suka pilm kartun.pa lg samurai – x.filsafat nya tingkat tinggi.kelihatan nya cuma sekedar pilm kartun.tp klo orang menyimak dari a-z pasty bakalan tau filsafat2 tentang kehidupan yang terselip di dalam nya.dapat di bilang q belajar banyak dari tuh pilm.
    @Mühåmmåd Ikhsåñ
    KENAPA SUN GUKO LEBIH HEBAT DI BANDINGKAN SAIYA LAINYA – KARNA DIA HIDUP BUKAN UNTUK DIRINYA Namun untuk melindungi Orang lain = salah satu filsafat yang terselip di pilm dragon ball
    di pilm2 kartun jepang banyak filsafat2 yang terselip.
    dari jaman nya. saint seiya, one piece, bleach, samurai -x, dragon ball, n etc….
    q belajar banyak dari pilm2 kartun jepang.
    hayuuk pada rame2 baca Sholawat Nabi / Surat Al Fatiha.buat meredam Reaktor Nuklir Fukushima biar cepet dingin n dampak radiasi nya g nyebar kemana mana. sholat taubat+sholat hajat+n baca Sholawat Nabi se ikhlas nya biar cepet adem tuh reaktor nuklir.
    @deadman.maaf mbahh q ikut comment g pake ijin dulu ma mbah deadman.n salam hormat kagem mbah deadman.
    .

  3. tolong kasih tau bagaimana belajar ilmu nen ini.
    Dan apakah ilmu ini sama seperti ilmu tenaga dalam, ilmu chi, ilmu reiki, ilmu tao suhu yo.?
    dan keempatnya itu mengajarkan pengendalian cakra.
    Tapi untuk ilmu jenis ini yaitu nen masih belum jelas padepokan perguruannya dimana dan cara belajarnya bagaimana.
    Padahal si pembuat kartun ini yang bertempat tinggal di jepang membuat kartun hunter x hunter berdasar pada pengalaman pribadinya yaitu dia beragama shinto(agama resmi dan mayoritas orang jepang) diajarkan ilmu nen didalam agamanya yaitu shinto.
    selain ilmu nen di agama shinto juga diajarkan teknik pernapasan meditasi master zhen.
    saya berharap ada orang indonesia membuka padepokan atau perguruan tentang ilmu nen dan yang diajarkan disana hanya ilmu nen saja.
    dan alumni-alumni mahasiwa/i yang dulu kuliahnya di jepang ketika kembali ke indonesia jangan cuma membawa budaya dari jepang berupa pakaian ala jepang dan makanan ala jepang.
    bawa juga ilmu dari jepang seperti ilmu nen ini.
    meskipun ilmu dari jepang sudah ada seperti karate, ninjutsu(ilmu ninja) dan beberapa lainnya tapi sampai sekarang masih itu-itu aja, bosen atuh, hehe.
    dan bagi yang dulunya tinggal di jepang selama beberapa tahun karena kuliah di jepang atau kerja di jepang tapi tidak tau soal dimana belajar ilmu nen di jepang, itu namanya keterlaluan dan ngapain aja elo di jepang sampai tidak tau ilmu nen dan master zhen, jangan-jangan hayo cuma pacaran sama orang jepang aja ya, hehe.
    bagi yang belum tau, ilmu nen adalah ilmu wajib di jepang dan itu sebabnya waktu dulu indonesia bisa dijajah jepang padahal banyak pendekar silat seperti pitung tapi kalah duel dari tentara jepang lantaran tentara jepang diajarkan ilmu nen dari sebelum menjadi tentara yaitu belajar ilmu nen dari semenjak kecil karena itu otak tengahnya aktif sama seperti setelah ikut pelatihan GMC Indonesia.
    orang seperti pitung bisa melawan tentara kompeni belanda tapi ketika melawan tentara penjajah jepang ternyata malah kalah.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: