Pengertian Kejawen Jawa Asli

0
164

KEJAWEN adalah kebudayaan Jawa asli yang merupakan sinkretisme antara kepercayaan kuno dengan ajaran agama yang datang kemudian seperti Hindu, Budha, Islam, dan Kristen. Diantara campuran tersebut yang paling dominan adalah ajaran agama Islam.
Membahas masalah Kejawen tentunya tidak terlepas dengan istilah-istilah Manunggaling Kawulo Gusti, Sedu…lur… Papat Lima Pancer, Sangkan Paraning Dumadi, ngeruwat, tapa brata, dan lain-lain.
* Kejawen adalah sinkretisme yaitu percampuran agama Hindu-Budha- Islam. Meskipun demikian ajaran Kejawen masih mengacu dan berpegang teguh pada ajaran tradisi Jawa asli sehingga masih nampak ciri-cirinya yang khas dan kemandiriannya.
* Agama menurut faham Kejawen adalah Manunggaling Kawula Gusti yaitu bersatunya hamba dengan Tuhan. Oleh sebagian kalangan Islam putih kaum santri, konsep penyatuan manusia dengan Tuhan ini mengarah kepada penyekutuan Tuhan atau prilaku Syirik.
* Perspektif ajaran Kejawen berdimensi tasauf percampuran antara kebudayaan Jawa, Hindu, dan Budha yang kurang menghargai aspek syariat dalam arti yang berkait denngan hukum-hukum hakiki agama Islam.
* Raja adalah pemuka agama. Hal ini nampak dari penggunaan atau pemakaian gelar “Sayidina Panatagama”, “Khalifatullah”, “Ajaran agama ageming aji” ( perhiasan ) raja, karena itu harus disesuaikan dengantradisi Jawa.
* Kitab Mahabarata dan Ramayana merupakan sumber inspirasi ajaran Kejawen yang mengandung ajaran moral dan karakter prilaku tuntunan hidup.
* Tinjauan kajian pikiran Jawa lebih terfokus pada aspek indra batin dan prilaku batin. Strategi pendekatan Kejawen adalah mencari pendekatan kepada Tuhan bahkan selalu ingin menyatu dengan Tuhan ( Manunggaling Kawula Gusti) dan analisanya bersifat batiniah.
by, pencerahan hati jenar

1 KOMENTAR

  1. Sudah 500 tahun jawa di singkirkan
    .sekarang sudah saatnya kejawen kembali lagi,lihat dan buktikan perkembanganya.yang tidak kejawan akan tersingkir.sudah lama jawa ditindas,mau dihilangkan dari peradapannya oleh peradapan tetangga / lain.

  2. kalau kejawen yang asli sebenarnya itu tidak ada islamnya karena kejawen sebenarnya adalah bentuk /kelanjutan dari tantrayana dari mojopahit. karena melakukan praktik tantra dulu itu dilarang akhirnya para umat tantra mengurangi porsinya prakteknya dan kemudian sedikit mengubah kemasannya.karena pihak islam masih mengetahui bahwa tantrayana itu masih eksis,akhirnya pihak islampun sedikit mengadopsi unsur2 ajaran tantra,dengan tujan untuk membuat para penerus tantra ini menjadi bingung antara mana yang tantra mana yang islam.karena kebingungan ini akhirnya dalam pandangan para penerus tantra ini munculah pandangan yang salah ,sehingga para penerus tantra ini berranggapan bahwa antara ajaran tantra dan islam itu sama.akhirnya para penerus tantra ini pun mulai tertarik sama islam.dan mereka pun secara tidak sadar mereka telah masuk islam.dan hal ini berjalan secara terus menerus.dan lama kelamaan membuat orang2 banyak beranggapan bahwa kejawen itu sempalan dari islam yang kemudian.dan hal tersebut semakin membuat kacaunya pandangan masyarakat jawa terhadap kejawen,yang sebenarnya adalah tantra,bukanya islam.karena banyak umat kejawen yang tidak dapat membedakan mana yang kejawen mana yang islam akhirnya mereka pun banyak melupakan ajaran tantra,bahkan bukan hanya melupakan tetapi kemudian mereka juga banyak yang meninggalkan unsur kejawennya.sehingga pada akhirnya banyak unsur2 ajaran tantra yang hilang hingga akhirnya dalam ajaran kejawen lebih banyak didominasi unsur2 islamnya. jadi memang begitulah sejarahnya,saya harap mulai dari hari ini para saudara pengikut kejawen semoga segera sadar dan segenra memurnikan ajaran kejawen dari unsur2 ajaran islam sehingga kejawen dapat kembali kepada bentuk aslinya yaitu tantrayana.kerena sebagaimana kita telah ketahui bersama bahwa sesungguhnya ajaran kejawen itu adalah ajaran tantrayana dan bukanya islam.jadi kesimpulannya kejawen itu tidak ada sangkut pautnya dengan islam sma sekali.
    SAYA BERHARAP SEMOGA UMAT KEJAWEN SEGERA BANGKIT SUPAYA SEGERA TERBEBAS DARI PENINDASAN YANG DILAKUKAN OLEH UMAT AGAMA GURUN.

Tinggalkan Balasan