Home / BURUKNYA SIASAT IBLIS / Buruknya siasat iblis

Buruknya siasat iblis

Ada seorang tua yang rajin melakukan shalat magrib berjamaah di masjid. Kebetulan masjid tempatnya biasa shalat berjamaah agak jauh dari rumahnya. Jalan tanah menuju masjid pun menjadi licin jika terkena air hujan.

Suatu hari di musim hujan, Pak Tua agak kesulitan mencapai masjid. Tetapi, karena semangatnya ingin selalu berjamaah, ia terus berjalan. Dalam perjalanan menuju masjid itu, ia terjatuh sehingga sarung dan bajunya kotor. Ia kembali ke rumah untuk mengganti pakaiannya yang kotor tersebut. Pak Tua berangkat lagi menuju masjid. Ditengah jalan yang sangat licin itu, ia jatuh kembali untuk kedua kalinya.

Pak Tua kembali lagi ke rumahnya dan mengganti pakaiannya yang kotor. Ketika keluar dari pintu rumah untuk ketiga kalinya, seorang pemuda gagah, tinggi, dan besar menawarkan jasa kepada Pak Tua. Pemuda tersebut bersedia menggendong Pak Tua dari rumahnya hingga masjid. Tanpa banyak tanya, Pak Tua menerima tawaran pemuda itu.

Sampailah Pak Tua di masjid yang dituju. Ia lalu melakukan shalat magrib berjamaah. Seusai shalat, Pak Tua berniat pulang. Ketika sampai pintu keluar masjid, ternyata pemuda yang tadi menggendongnya menunggu di emperan masjid.

“Pak Tua, apakah Anda mau Pulang?” tanya si Pemuda. “Ya”, jawab Pak Tua. “Mari kuantarkan kembali ke rumahmu,” sahut si pemuda. Naiklah Pak Tua ke punggung pemuda itu.

Sesampai di rumah, timbul rasa ingin tahu Pak Tua terhadap anak muda yang telah memberikan jasa kepadanya. Setelah mengucapkan terima kasih, Pak Tua bertanya, “Ngomong-ngomong, kamu siapa?” tanya Pak Tua terheran heran. “Kamu begitu baik kepada saya, telah menggendong saya bolak balik dari rumah ke masjid dan dari masjid ke rumah,” lanjut Pak Tua.

“Saya Iblis,” jawab anak muda itu. Pak Tua sangat terkejut. Iblis kok begitu baik. “Lho, kalau kamu iblis, untuk apa kamu menolong saya?” tukas Pak Tua.

“Saya menolong Bapak karena maksud tertentu,” kata anak muda yang mengaku Iblis itu. “Ketika Bapak jatuh pertama kali [dan bersabar], Allah mengampuni seluruh dosa Bapak. Saat Bapak jatuh untuk kedua kalinya, Allah mengampuni seluruh dosa keluarga bapak. Saya takut kalau Bapak jatuh untuk ketiga kalinya, Allah akan mengampuni seluruh dosa warga di sekitar Bapak. Karena itu, saya rela melakukan ini agar itu tidak terjadi,” jelas si anak muda jelmaan Iblis.

Kisah tersebut memberi kita pelajaran bahwa siasat iblis tampak dalam bentuk kebaikan sehingga mampu mengecoh kita. Tawarannya,baik secara sosial maupun individual, sering tidak bisa diterka. Karena itu, kita dituntut untuk selalu waspada terhadap tipu daya, baik yang nampak dalam bentuk kenikmatan, dalam bentuk kemudahan,maupun dalam bentuk kebaikan lainnya.
Berbagai tawaran alternatif yang disimbolkan berasal dari iblis itu sesungguhnya bisa saja muncul dari bisikan diri kita sendiri. Kita sering kali mendapat hambatan dari dalam diri sendiri ketika kita telah memutuskan akan melakukan sesuatu yang baik dan benar. Perjuangan kita sebenarnya lebih karena seringnya kita mendengarkan bisikan yang merasionalisasi berbagai keburukan yang mestinya dijauhi.
Wass wrwb

About kampus samudra ilmu hikmah

13 comments

  1. Subhanallohh,ya Allohh lindungilah aku kang deadman dan keluargaku serta saudara islam semuanya dari godaan sera ganguan iblis dan syetan yg terkutuk,aminnn

    ehhh,salim salam salaman kang deadman,dan Allhamdulillah aku dapat pertamaxxx

  2. mantaaaffff. A’udzubillahi minasy-syaithonirrojiim.

  3. wilujeung teupang sadaya..
    ijin nyimax..

  4. bagus banget ceritenye ye bang

  5. Assalamualaikum..
    izin copy yah…

    Maaf sebelum dibalas, saya copy dulu.. saya catat di catatan kecil saya di account facebook.. agar semua teman2 saya juga bisa lihat suburuk apa siasat iblis..

    Terima Kasih…..

  6. (sm0ga smw warga muslim terhindar/d jauhkan dr tipu daya IBLIZ ini..!!)
    Salam kenal ki deadman

  7. Assalamualikum kepada Semua Saudara ku disini,Ini pertama kali saya ketawa apabila membaca kisah tauladan di Blog KSIH namun artikel ini amat dalam maknanya dan sebagai peringatan kepada kita semua,Saya mengucapkan Tahniah dan Bagus atas tulisan sebegini.BAGUS!!!.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: